Kesederhanaan di Tempat yang Sederhana

Bener merupakan salah satu kecamatan yang berada di titik paling luar Kabupaten Purworejo. Terletak di sebelah utara tepatnya dan berbatasan dengan Kabupaten Magelang. Keadaannya masih sederhana, kebanyakan. Kondisi geografisnya yang berbukit-bukit menambah kesederhanaan daerah yang dibagi dalam beberapa desa ini. Begitu juga kalau bicara soal sepak bola di sana.

Aktivitas sepak bolanya cukup tinggi, terlebih dengan adanya turnamen antar tim desa-desa di sana. Salah satu turnamen tingkat kecamatan yang aktif di Kabupaten Purworejo. Bahkan lebih aktif daripada Kecamatan Purworejo yang merupakan pusat dari Kabupaten Purworejo. Tahun ini merupakan edisi keempat secara berturut-turut. 

Hanya saja, pelaksanaan turnamen ini masih sangat sederhana. Hal itu bisa dilihat saat pelaksanaan pertandingan yang tampak seperti latih tanding biasa. Jangankan ada pengeras suara, panitia pun seadanya, juga berbagai aspek lainnya. 

Bila dibandingkan dengan turnamen di kecamatan lain, cukup jauh bedanya. Turnamen di Kecamatan Bagelen contohnya. Di sana, panitia menyajikan Kridatama Cup (nama turnamennya) dengan apik layaknya turnamen. Mulai dari tempat panitia, tempat pemain cadangan, wasit yang lengkap, pengeras suara, hingga komentator layaknya yang ada di televisi. Hal-hal yang meningkatkan daya tarik masyarakat sekitar untuk datang menyaksikan. 

Meski begitu, penyelenggaraan yang sederhana bukan menjadi penghalang akan munculnya pemain-pemain berbakat. Digelarnya turnamen ini juga berimbas pada mulai munculnya tim-tim baru dari desa lainnya. Yang artinya, muncul juga pemain-pemain baru yang selama ini jarang tampak. Peta persaingan kekuatan tim-tim di sana pun mulai merata.

Laga final kemarin menjadi salah satu penunjuknya. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, final turnamen Bener Cup selalu mempertemukan rival seteru, Corseka dan Bratanero. Tim-tim lain kewalahan menghadapi dua tim kuat yang berasal dari desa yang sama ini. 

Tapi tidak dengan tahun ini, beberapa tim sudah mulai dapat memberikan perlawanan. Bahkan, ada yang berhasil menundukkan satu dari dua tim terkuat itu. Adalah Batatama yang mulai mengusik hegemoni dua tim sedesa itu. Meski kemudian di final mereka kalah dari Bratanero, tapi mereka tidak kalah bermain apik dan memaksa Bratanero imbang tanpa gol. 

Memang, tidak semua pemain memiliki kemampuan bersepak bola yang bagus. Tapi, dari setiap tim pasti ada beberapa pemain yang menonjol daripada lainnya. Dari dua tim yang tampil di final kemarin contohnya. Bratanero memiliki keunggulan pada lini tengah mereka, tak lepas dari performa apik antara dua pemain poros tengah mereka, nomor 10 yang merangkap sebagai kapten dan nomor 17. Kedua pemain ini yang memimpin permainan Bratanero hingga seringkali membuat lini belakang Batatama kerepotan. 

Tidak beruntungnya, kiper Batatama juga tampil apik kemarin. Serangan Bratanero berhasil selalu ia mentahkan. Bahkan, tendangan penalti saat menit-menit akhir babak kedua berhasil ia gagalkan. Menariknya, kiper Batatama ini masih muda, sangat muda malah. Ia masih kelas 2 SMK, bahkan, usianya belum 17 tahun, tapi fisiknya sudah cukup bagus. Ketenangan dan kesigapannya pun sudah layaknya kiper berpengalaman. 

Pada akhirnya, bukan soal siapa yang juara meski dengan juara dapat meningkatkan gengsi kepada rivalnya. Tapi di sini, di turnamen ini, adalah wadah bagi mereka untuk mengasah atau sekadar membuktikan sejauh mana kemampuan olah bola mereka. 

Apresiasi untuk para praktisi sepak bola di sana yang terus menggelorakan semangat bersepak bola. Harapannya, turnamen di Kecamatan Bener ini akan terus diadakan setiap tahunnya, semakin banyak tim yang tampil, semakin banyak pemain yang bisa menunjukkan kemampuan olah bola, semakin banyak pula yang akan tahu tentang mereka. Secara sederhana pun tidak apa-apa. Tapi kalau bisa digelar dengan lebih baik lagi, kenapa tidak?

-
sumber foto: Denny Pamungkas

COMMENTS

Name

berita,38,cerita,9,feature,8,gajolpedia,1,junior,12,lapangan,1,liga,10,piala,36,popda,14,sekolah,16,
ltr
item
Liga Purworejo: Kesederhanaan di Tempat yang Sederhana
Kesederhanaan di Tempat yang Sederhana
http://1.bp.blogspot.com/-shrjsIlF-qM/VEHDtSMJ27I/AAAAAAAACb4/VLN3eRnxOJU/s1600/10511163_734342283268163_1238201359324781463_n.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-shrjsIlF-qM/VEHDtSMJ27I/AAAAAAAACb4/VLN3eRnxOJU/s72-c/10511163_734342283268163_1238201359324781463_n.jpg
Liga Purworejo
https://www.ligapurworejo.com/2014/10/kesederhanaan-di-tempat-yang-sederhana.html
https://www.ligapurworejo.com/
https://www.ligapurworejo.com/
https://www.ligapurworejo.com/2014/10/kesederhanaan-di-tempat-yang-sederhana.html
true
3839769512909484316
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy