Liga-Ligaan Resmi Dihentikan

Tiada hari tanpa laga tarkam. Mungkin kalimat tersebut begitu berlebihan. Tapi, kenyataannya memang begitu adanya yang terjadi di Kabupaten Purworejo. Pada setiap sore hari, bisa ditonton dengan gratis lapangan yang dipenuhi orang-orang yang sedang bertanding, atau sekadar menendang bola. Di daerah lain mungkin juga tidak jauh beda keadaannya.

Yang jadi masalah, yang mungkin juga terjadi di daerah lain, dalam dua tahun belakangan ini sepak bola Purworejo kehilangan induknya. Pengcab PSSI Purworejo yang harusnya jadi induk sepak bola mengalami kekosongan setelah masa jabatan habis pada Agustus 2012. Parahnya, musyawarah sebagai awal pembentukan pengurus tidak kunjung diadakan hingga akhir tahun 2014 ini. Imbasnya kompetisi internal ikut kosong, tidak digelar. Beruntungnya, turnamen antar tim desa rutin digelar di beberapa kecamatan. Meski begitu, masih banyak tim dan pemain yang belum terwadahi.

Laga-laga tarkam lah yang kemudian mewadahi mereka dan sedikit menghidupkan sepak bola Purworejo setiap harinya.

Berawal dari itu kemudian penulis mendapat ide untuk lebih menyemarakkan lagi sepak bola di Purworejo ini. Kenapa tidak laga-laga tarkam ini dikemas menjadi liga? Dengan sistem kompetisi penuh dan format kandang-tandang, hal yang belum pernah dilakukan di sini. Hanya saja liga ini tanpa hadiah, pesertanya juga tidak dipungut biaya pendaftaran. 

Kenapa tidak dipungut biaya? Alasannya karena liga ini hanya liga-ligaan yang digelar secara sederhana dengan memanfaatkan semarak laga-laga tarkam. Selain itu, ada hal lain yang menjadi  sebab kenapa kemudian ada ide ini. Alasan dari pengurus PSSI Purworejo yang selalu mempermasalahkan dana sebagai kendala untuk pengadaan kompetisi membuat penulis ingin menunjukkan bahwa dengan tidak ada dana pun para tim mau dan mampu ‘berkompetisi’. Mereka bisa mandiri.

Liga-ligaan, itulah yang sejak awal penulis dengungkan, tapi bukan liga tandingan seperti yang akhir-akhir ini sedang menjadi tren.

Ide liga-ligaan tersebut kemudian coba dipromosikan melalui akun facebook Liga Purworejo. Respon yang muncul bervariatif. Ada yang langsung setuju, ada yang bertanya soal hadiah, ada pula yang tidak tertarik. Tapi banyaknya respon positif yang muncul semakin memantapkan langkah untuk benar-benar menggelar liga-ligaan ini. 

Dengan memanfaatkan layanan online melalui situs ini, pendaftaran kemudian dibuka dan disebar di akun facebook dan twitter Liga Purworejo. Setelah sekitar sebulan lebih berjalan, terdapat sebanyak 29 tim yang mendaftar. Dan Liga Purworejo dijadwalkan mulai pada bulan April, dibuka dengan laga Liga Utama yang diikuti 12 tim (sisanya masuk ke Liga Pratama yang pembagiannya disesuaikan berdasar anggota atau bukan anggota PSSI Purworejo).

Tepat pada hari Sabtu tanggal 19 April 2014 laga pertama digelar. Laga pembuka Liga Utama ini mempertemukan Corseka FC dari Kalijambe, Bener yang menjamu Seribu Daya FC dari Kemiri. Laga yang nyaris tidak jadi digelar di Lapangan Kaliboto, Bener ini akhirnya dimenangkan oleh tim tamu dengan skor telak, tujuh gol tanpa balas. 

Pelaksanaan liga-ligaan yang sederhana ini bukan tanpa kendala. Baru pekan pertama saja ada beberapa tim yang menyatakan tidak siap, bahkan ada pula yang mengaku belum melihat jadwal. Padahal, jadwal sudah diberikan beberapa minggu yang lalu. Pekan-pekan berikutnya tak jauh beda, banyak laga yang akhirnya ditunda. Sebuah hal yang bisa dimaklumi karena sejak awal memang sudah disampaikan bahwa jadwal bisa dibatalkan sesuai dengan kesepakatan dua tim yang bersangkutan. Peserta Liga Utama pun satu-persatu berkurang, hingga akhirnya tersisa sembilan tim. 

Berbeda dengan Liga Pratama yang terdiri dari dua grup, delapan dan sembilan tim, yang pembagiannya didasarkan pada wilayah. Pelaksanaan Liga Pratama bisa dibilang cukup lancar pada putaran pertama. Laga perdana dimulai sepekan setelah mulainya Liga Utama. Ada tiga laga yang dimainkan, yaitu di Kutoarjo, Bagelen, dan Purwodadi. Di Kutoarjo, tuan rumah FC Gareseta ditahan imbang 1 – 1 oleh GFC U17. Di Bagelen, Persega dari Grabag mencuri poin penuh dengan mengalahkan Gatuyo FC 3 – 1. Begitu juga di Purwodadi, tim tamu Bugel Village mempermalukan tuan rumah Putro Pendowo FC dengan skor 4 – 1.

Pekan-pekan berikutnya laga putaran pertama Liga Pratama lancar dimainkan hingga selesai pada akhir Juni. Begitu juga dengan Liga Utama yang dianggap selesai meski banyak laga yang ditunda. Liga-ligaan kemudian diliburkan karena juga bertepatan dengan bulan puasa.

Setelah jeda, dan sempat mundur sebulan, putaran kedua dimulai pada awal Oktober. Memasuki putaran kedua ini, ada beberapa tim yang memutuskan mundur dengan beberapa alasan. 

Ada yang hilang tanpa kabar bahkan saat dikontak pun tidak ada balasan. Ada pula yang kehabisan pemain karena pada merantau. Sudah jadi tradisi memang, bulan setelah lebaran adalah waktu di mana pemuda-pemudi yang kebanyakan baru saja lulus dari SMA/SMK Purworejo keluar kota mencari rezeki. Tidak ketinggalan mereka yang sering bermain sepak bola. Di sisi lain, bulan Agustus – Oktober merupakan waktu digelarnya turnamen antar-desa di beberapa kecamatan. Hal ini juga cukup mengganggu pelaksanaan laga Liga Purworejo karena kebetulan beberapa lapangan yang dipakai tim peserta digunakan untuk turnamen.

Hingga akhirnya pada akhir November, Liga Purworejo resmi dihentikan sesuai dengan jadwal yang sudah dipublikasikan. Total ada 81 laga (Utama: 19, Pratama: 62) yang telah dimainkan dengan 298 gol (Utama: 61, Pratama: 237) yang dicetak. Berikut data klasemen akhirnya:



(data lebih lengkapnya bisa dilihat di purworejo.leaguerepublic.com)

Itulah sekilas tentang liga-ligaan ‘Liga Purworejo’. Liga-ligaan yang bisa dijadikan bukti bahwa ternyata sistem kompetisi penuh bisa diaplikasikan pada kompetisi sepak bola di Purworejo ini. Ternyata dengan tanpa dana pun yang seolah bisa disebut kompetisi bisa digelar. Tidak seperti yang sudah-sudah. 

Banyaknya kendala yang muncul tidak terlepas dari pengelolaan tunggal dan komunikasi yang hanya dilakukan melalui akun sosial media dan ponsel saja oleh penulis. Melalui tulisan ini pula penulis memohon maaf kepada semua pemain dan pengurus tim yang sudah mau meramaikan liga-ligaan ini karena belum mampu memberikan yang terbaik. 

Harapan untuk sepak bola Purworejo yang lebih baik tentu selalu ada dari diri penulis. Dan harapan itu semoga bisa diwujudkan oleh pengurus baru PSSI Purworejo yang akhir tahun ini dibentuk. Penulis berharap para pengurus baru PSSI Purworejo mau dan mampu mengelola sepak bola Purworejo. Karena pada dasarnya, para pemain hanya butuh kompetisi yang lebih menarik dan kompetitif tentunya. Kompetisi yang rutin digelar setiap tahunnya. Hal yang sederhana, seharusnya. Atau mungkin, liga-ligaan ini memang perlu digulirkan kembali.

---
Ditulis oleh: @aritsantoso.

COMMENTS

Name

berita,38,cerita,9,feature,8,gajolpedia,1,junior,12,lapangan,1,liga,10,piala,36,popda,14,sekolah,16,
ltr
item
Liga Purworejo: Liga-Ligaan Resmi Dihentikan
Liga-Ligaan Resmi Dihentikan
http://1.bp.blogspot.com/-MyLooKxSBMU/VJJg-BLHywI/AAAAAAAACjg/BgAvK5PCQ68/s1600/End%2BSeason%2B2014%2BUtama.png
http://1.bp.blogspot.com/-MyLooKxSBMU/VJJg-BLHywI/AAAAAAAACjg/BgAvK5PCQ68/s72-c/End%2BSeason%2B2014%2BUtama.png
Liga Purworejo
https://www.ligapurworejo.com/2014/12/liga-ligaan-resmi-dihentikan.html
https://www.ligapurworejo.com/
https://www.ligapurworejo.com/
https://www.ligapurworejo.com/2014/12/liga-ligaan-resmi-dihentikan.html
true
3839769512909484316
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy